Exynos 7 Octa, Prosesor Samsung Terbaru Lebih Irit dan Kencang

Sukatekno.com – Buat kamu yang masih menunggu-nunggu kabar soal rilisnya Samsung Galaxy S6, kamu bisa ikut siap-siap menyambut kehadiran prosesor Samsung yang baru.

Diberi nama sebagai Exynos 7 Octa, prosesor smartphone ini tentunya diharapkan memberi performa lebih dibandingkan prosesor yang digunakan untuk seri smartphone Samsung sebelumnya, termasuk prosesor Samsung Galaxy S5 dan prosesor Samsung S4.

Kelebihan Prosesor Samsung Teranyar

Bahkan, dibandingkan dengan prosesor Samsung Exynos yang sebelumnya, yaitu Exynos 7 yang dilengkapi dengan teknologi proses 20 nm, chip Exynos 7 Octa pun digadang-gadang menunjukkan kinerja yang jauh lebih canggih. Hal ini dikarenakan teknologi 14 nm yang disertakan dalam proses pembuatan Exynos 7 terbaru ini.

Nah, perubahan serta peningkatan teknologi itu tentunya harus menghasilkan keluaran dan kinerja yang jauh lebih memuaskan.

Hal ini dibuktikan dengan kemampuan prosesor Samsung teranyar ini dalam mengonsumsi lebih sedikit daya baterai, yang bisa mencapai 35 persen penghematan. Selain irit baterai, performa yang dihasilkan juga 30 persen lebih tinggi.

Exynos 7 Octa, Prosesor Samsung Pengganti Snapdragon?

Seiring dengan perkembangan menjanjikan yang ditunjukkan oleh prosesor Samsung, plus keluaran menakjubkan yang ia janjikan, tentunya makin tidak mengherankan jika prosesor canggih ini akan disematkan pada Samsung Galaxy S6 nantinya.

Apalagi, perusahaan konglomerasi asal Korea Selatan ini sudah menerapkan teknologi proses 14 nm serupa untuk komoditas chip SoC keluarannya.

Selain itu, rumor yang menyebutkan bahwa Samsung akan berhenti menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810 untuk Galaxy S6 nampaknya benar adanya. Tentu saja, prosesor Samsung jadi pilihan paling masuk akal bagi Samsung, meskipun masalah panas atau overheat yang dimiliki chip keluaran Qualcomm itu diklaim sudah diatasi.