Samsung Galaxy Young 2 vs Nokia X, Duel Smartphone Harga 900 Ribuan

 Sukatekno.com РSamsung Galaxy Young 2 vs Nokia X, Duel Smartphone Harga 900 Ribuan РSamsung Galaxy Young 2 adalah smartphone kelas entry-level terbaru yang kini bersaing ketat dengan Nokia X generasi pertama. Kedua smartphone ini sama-sama dijual dengan harga Rp 900 ribu-an dan memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda, lalu mana yang lebih hebat antara Galaxy Young 2 vs Nokia X?

Samsung Galaxy Young 2

Samsung membekali Galaxy Young 2 dengan bentang layar sentuh 3,5 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel yang mengusung teknologi TFT kapasitif dengan kerapatan layar mencapai 165 piksel per inci. Samsung juga memperkuat Galaxy Young 2 dengan sistem operasi Android versi terkini, yakni Android 4.4 KitKat yang didukung fitur TouchWiz UI.

Kinerja Galaxy Young 2 buatan Samsung ini masih setara dengan Galaxy Young generasi pertama karena ditenagai oleh prosesor yang setara, yakni single-core yang berlari dengan kecepatan 1GHz yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Performa yang ditawarkan Galaxy Young 2 cukup standar dan mencukupi untuk kebutuhan dasar.

Galaxy Young 2 didukung oleh fitur GPS, dual SIM, WiFi, 3G, dan Bluetooth yang disokong oleh baterai berkapasitas 1300mAh. Sisi kamera, Samsung Galaxy Young 2 mengandalkan kamera belakang berkekuatan 3 megapiksel tanpa kehadiran kamera depan.

Nokia X Android

Nokia X Android dibekali dengan layar sentuh 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel IPS. Smartphone ini menggunakan Nokia X Platform yang merupakan pengembangan dari sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean yang sukses menarik perhatian konsumen.

Perusahaan yang kini telah berhanti nama menjadi Microsoft Mobile Oy ini membekali kamera resolusi 3 megapiksel yang menghadap ke belakang pada Nokia X tanpa dukungan fitur autofokus dan LED flash. Sayangnya, Nokia X tidak disertai dengan kamera depan. Nokia X Android dibekali memori internal 4GB yang didukung slot microSD.

Performa yang ditawarkan Nokia X Android cenderung pas-pasan di harga Rp 1,3 jutaan karena hanya mengandalkan prosesor dual-core 1GHz ARM Cortex-A5 dari Qualcomm Snapdragon 200 yang diperkuat oleh memori RAM sebesar 512MB saja. Kinerja grafis Nokia X Android juga terbilang standar karena hanya didukung oleh Adreno 203.

Kesimpulan

Di atas kertas, Nokia X lebih unggul dari Samsung Galaxy Young 2. Konsumen akan mendapatkan kinerja yang lebih cepat dan layar yang lebih besar dengan Nokia X. Samsung Galaxy Young 2 sendiri tak sepenuhnya kalah karena ia membawa sistem operasi Android yang lebih baru, yakni Android 4.4 KitKat.