Microsoft Office untuk iPad, iPhone dan Android Kini Gratis

Aplikasi kantoran Microsoft Office untuk iPad, iPhone, dan Android kini gratis! Kabar ini tentu menjadi kabar gembira bagi semua pengguna iPad, iPhone, dan Android karena dapat menggunakan Microsoft Office tanpa harus terkena biaya tambahan. Ini kabarnya adalah salah satu strategi Microsoft untuk mempertahankan eksistensi mereka di tengah meningkatnya pasar mobile.

Sejak dulu kehadiranm aplikasi Office yang powerful dengan kompatibilitas tinggi seperti Microsoft Office selalu menjadi dambaan semua pengguna iPad, iPhone, dan Android. Sebelumnya raksasa perangkat lunak asal Redmond ini telah merilis Microsoft Office untuk perangkat mobile, tetapi pengguna harus terlebih dahulu berlangganan layanan Office 365 untuk dapat menggunakan semua fiturnya.

Jika sebelumnya pengguna iPad, iPhone, dan Android hanya dapat membaca dokumen saja, kini mereka dapat mengedit, membuat baru, dan mencetak dokumen dengan menggunakan Microsoft Office secara gratis. Hal ini akan sangat membantu pengguna gadget tersebut.

Tak hanya menggratiskan Microsoft Office untuk perangkat mobile, Microsoft juga mengumumkan bahwa pihaknya telah menggandeng layanan cloud storage Dropbox. Hasil kerjasama ini adalah pengguna Microsoft Office dapat menyimpan dokumen dan file Office di Dropbox tanpa tambahan biaya. Microsoft juga mengatakan bahwa aplikasi Microsoft Office untuk iPad, iPhone, dan Android ini telah terintegrasi dengan Dropbox.

“Ini adalah perluasan strategi kami, ini bukan perubahan strategi secara total,” kata Michael Atalla, Head of Office Marketing di Microsoft, seperti yang dikutip dari Metro TV News (07/11/2014).

Perlu diketahui, layanan atau aplikasi Microsoft Office gratis ini hanya berlaku untuk pasar konsumen saja, bukan untuk pasar bisnis. Pengguna OneDrive for Business dan Dropbox for Business tetap diharuskan berlangganan Office 365 jika hendak mengedit dokumen. Meski demikian, pelanggan bisnis mendapatkan sejumlah fitur yang tak dimiliki oleh pelanggan konsumer.